Sabtu, 6 April 2013

Mengenal Jaringan Komputer

Apa Itu Jaringan Komputer?

jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya(printer,CPU), berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi (peramban web.

Apa Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer?

tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan. pihak yang meminta / menerima layanan disebut klien dan yang memberikan layanan disebut server. desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Apa Kerugian  dari Jaringan Komputer?

kerugian dari jaringan komputer adalah keamanan (security), baik pada pengaksesan berbagai sumber daya dari pihak pihak yang tidak berwenang maupun masalah keamanan(ancaman virus) pada data yang dipertukarkan.

jenis jenis jaringan komputer

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan cakupan areanya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu PAN, LAN, MAN dan WAN.

1. PAN
 
PAN ini bukan sebuah partai politik, akan tetapi PAN ini adalahPersonal Area Network
Kita bisa memberi nama PAN ii apabila komputer kita telah terhubung dengan perangkat lain seperti: handphone, PDA, keyboard, Mouse, Wireless, Camera dan perangkat lainnya.
Hal yang terpenting dalam PAN ini adalah kita sendiri yang mengendalikan pada semua peralatan.

2. LAN (Local Area Network)

Inilah jaringan komputer yang sangat populer. LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah dan sekolah.


3. MAN (Metropolitan Area Network)


Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini berkisar antara 10 hingga 50 km.

4. WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan