Khamis, 18 April 2013

Program Enkapsulasi

Praktikum Desain Program
dengan Konsep Object Oriented


Hari ini kita akan membahas tentang Pemrograman dengan konsep Oriented  dengan konsep Enkapsulasi

Pengertian Enkapsulasi
1. Enkapsulasi
Enkapsulasi / pembungkusan, seperti yang telah disebutkan diawal berfungsi melindungi program dan data yang sedang diolah agar tidak diakses sembarangan oleh program lain. Sifat Enkapsulasi yaitu : Private, Protected dan public dengan karakteristiknya masing masing.
  • Private berkarakteristik agar variabel atau method pada sebuah object/class tidak dapat diakses oleh object/class yang lain.
  • Protected berkarakteristik agar variabel atau method pada sebuah oject/class dapat diakses oleh object/class turunannya, tetapi tidak dapat diakses oleh object/class yang lain.
  • Public berkarakteristik agar variabel atau method pada sebuah object/class dapat diakses oleh object/class yang lain.
Contoh Program Enkapsulasi 

class persegipanjang
{
    private int panjang, lebar, tinggi;
    public void setPanjang (int p)
            {
                panjang = p;
            }
        public  void setLebar (int l)
            {
                lebar = l;
            }
            public void setTinggi (int t)
            {
                tinggi    = t;
               
            }
            public  int getPanjang()
            {
                return (panjang);
            }
            public  int getLebar()
            {
                return (lebar);
            }
            public  int getTinggi()
            {
                return (tinggi);
            }
            public int hitungLuas()
            {
                return(panjang*lebar);
            }
            public int hitungKeliling()
            {
                return(2*(panjang+lebar));
            }
           
                public int hitungVolume()
            {
                return(panjang*lebar*tinggi);
            }
}
public class geometri
{
   
    public static void main (String[] args)
    {
        //instansiasi object
        persegipanjang psgpanjang1 = new persegipanjang();
       
        psgpanjang1.setPanjang(5);
        psgpanjang1.setLebar(4);
        psgpanjang1.setTinggi(3);
       
        System.out.println("          G E O M E T R I          ");
        System.out.println("===================================");
        System.out.println(" Panjang     = "+psgpanjang1.getPanjang());
        System.out.println(" Lebar         = "+psgpanjang1.getLebar());
        System.out.println(" Tinggi     = "+psgpanjang1.getTinggi());
        System.out.println("  ");
        System.out.println("     P E R S E G I  P A N J A N G     ");
        System.out.println("===================================");
        System.out.println(" Panjang     = "+psgpanjang1.getPanjang());
        System.out.println(" Lebar         = "+psgpanjang1.getLebar());
        System.out.println(" Luas         = "+psgpanjang1.hitungLuas());
        System.out.println(" Keliling         = "+psgpanjang1.hitungKeliling());
        System.out.println("  ");
        System.out.println("            B A L O K                 ");
        System.out.println("===================================");
        System.out.println(" Panjang     = "+psgpanjang1.getPanjang());
        System.out.println(" Lebar         = "+psgpanjang1.getLebar());
        System.out.println(" Tinggi     = "+psgpanjang1.getTinggi());
        System.out.println(" Volume         = "+psgpanjang1.hitungVolume());
            System.out.println("                             ");
        System.out.println("Program Selesai !!!! ");
       
    }
}

Tiada ulasan:

Catat Ulasan