Sabtu, 24 Ogos 2013

Kuliner Bangka Tengah

Oke, Dibawah ini saya akan berbagi tentang kuliner di Bangka Tengah. Makanan Kuliner yang populer saat inni adalah Salah satu makanan khas kota koba adalah mie koba, kekhasan rasa dan proses pembuatannya yang membedakan cita rasa mie koba dari yang lain. Selain mie koba ada juga makanan khas Kabupaten Bangka Tengah seperti rujak tahu, lakso, pantiau, kue jungkong dan masih banyak lagimakanan khas masyarakat Bangka Tengah.
Dari Wisata Bangka Tengah
Lakso
Kedengaran kata lakso mirip laksa. Ternyata tampilannya juga mirip. Berkuah santan berwarna kuning dengan serpihan daging ikan yang gurih enak. Mi yang berwarna putih kenyal-kenyal membuat jajanan ini makin enak saja.
Kalau panthiau berkuah bening dengan semburat pedas maka lakso berkuah santan kuning yang gurih-gurih wangi. Racikan lakso sangat terkenal di Bangka Belitung. Bisa dibeli dari warung pinggir jalan hingga restoran. Rata-rata rasanya enak karena terbuat dari ikan laut yang segar.
Lakso memakai bahan utami mi putih yang dibuat dari adonan tepung beras dan sagu. Adonan ini kemudian dibentuk seperti mi, dicetak seperti cetakan putu mayang. Mi yang kenyal-kenyal gurih ini kemudian diberi kuah. Kuahnya terdiri dari santan yang diberi bumbu kemiri, kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih dan daging ikan tenggiri.
Serpihan daging ikan tenggiri dengan kuah kuning yang gurih ini disiramkan ke atas mi. Tentu saja rasanya gurih dan aroma wangi daging ikan beradu dengan rempah.


Kue Jongkong
Ini salah satu kue terfavorite di bangka...apalagi saat bulan puasa. Rasanya yang lembut dan gurih bercampur manis bikin mulut nggak cukup cuma se-cup aja untuk menikmatinya.
Kue ini dibuat dari tepung beras, gula pasir/merah, air daun suji + pandan, santan kelapa
 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan